gus dur

Cerita Humor Politik tentang Gus dur

Spread the love

Siapa yang tidak mengenal sosok Gus Dur. Beliau merupakan mantan presiden Republik Indonesia yang punya pembawaan unik. Di mana kejadian dan cerita yang didapatkannya selalu mengundang tawa. Hal inilah yang kemudian memunculkan cerita humor yang bisa membuat anda terhibur. Anda penasaran cerita apa saja? Anda perlu tahu dahulu, bahwa beberapa cerita yang ditampilkan dari sosok GusDur sebagian besar merupakan sebuah realita yang itu benar dialaminya. Dimulai dari cerita yang berjudul “Kyai dari Arab”.

Kejadian bermula ketika jamaah rombongan dari NU Tegal tiba di tanah arab, tepatnya di Jeddah. Saat berada di sana, banyak kuli yang rebutan ingin mengangkut barang bawaan dari penumpang. Karena perebuatan itulah kemudian terjadi sebuah adu mulut andara dua orang kuli. Mereka tentunya berdebat menggunakan bahasa arab. Karena mendengar keramaian tersebut, jamaah yang berasal dari Indonesia kemudian mendekat. Mendengar apa yang dikatakan dua kuli tadi, sontak mereka berucap, “Aamiin, Aamiin, Aamiin!. Sambil ada yang berucap, “Mereka pasti Kyai, dengar saja bagaiman kefasihan mereka dalam berdoa.”

Beralih lagi ketika Gus Dur menjadi seorang presiden. Ada kisah yang menarik perhatian, di mana Gus Dur punya pendapat yang bagus tentang Presiden dan Wakil Presiden yang paling ideal. Hal ini terjadi di sebuah pertemuan internasional antara pebisnis di seluruh dunia. Kejadian berlangsung di Bali sekitar tahun 1999. Di mana Gus Dur yang menjabat sebagai presiden Indonesia mengungkapkan dihadapan ratusan orang dengan sangat santai dalam bahwasa inggis. “Indonesia saat ini memiliki Presiden dan Wakil Presiden yang sangat ideal. Sebuah tim yang terbaik di Dunia.” Kenapa? Sebab Presidennya gak bisa melihat, sedangkan wakilnya tak bisa ngomong”. Kolaborasi yang sempurna bukan? Seluruh peserta langsung tertawa mendengarnya. Ini menjadi sebuah cirri khas dari Gus Dur. Di mana ia selalu mengejek dirinya sendiri tanpa beban hanya sekedar ingin membuat orang lain bahagia. Kisah lainnya tentang ‘Buku Bacaan Presiden Indonesia’.

Saat bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Banyak media yang meliput peristiwa tersebut di tahun 2000. Di mana keduanya seperti akrab dan Bill Clinton terlihat tertawa terpingkal-pingkal. Sebenarnya apa yang membuat Clinton sampai tertawa seperti itu. Ternyata berdasarkan keterangan dari Gus Dur ini tentang cerita candaan dari John Kennedy. Gus Dur menceritakan tentang Kennedy yang bersama wartawan di ruang presiden AS. Kemudian Kennedy menunjuk sebuah tempat di mana Presiden Dwight Ensenhower dulu menaruh perlengkapan golfnya.
Kemudian Kenney mengejek dengan mengatakan, “Ini dia, Perpustakaan Ensenhower.” Mendengar cerita tersebut Clinton tertawa. Dari mana cerita itu didapatkan, Buku Ted Sorrensen, kata Gus Dur. Jaya Suprana yang hadir pada kesempatan itu berkata, “ Loh, Clinton tidak tahu tentang cerita itu? Gus Dur pun nyeletuk, “Bagaimana mungkin tahu, kan dia tidak baca buku. Tidak mungkin juga presiden Amerika Serikat membaca buku. Karena pasti, kalau baca buku, ia kelihatan tak mempunyai kerjaan. Nah, beda dengan Presiden Indonesia, baca buku itu sebuah keharusan. Ya karena ngak ada kerjaan lain kan? Ungkap Gus Dur.

Demikian beberapa cerita dari Gus Dur yang begitu menghibur kita. Inilah yang menjadi ciri khas dari Gus Dur. Beberapa cerita dari Gus Dur, bahkan sampai sekarang tidak bisa dilupakan dan masih diabadikan. Semoga artikel ini bisa menjadi hiburan anda di tengah kesibukan.
Baca artikel lainnya tentang humor ala rusia, inggris dan uni soviet  disini

Jimmie Moore Author

Comments

    ricardospy

    (30/12/2017 - 6:10 PM)

    wkwkkwkw asli ga sih ini ? wkwkkwkw

Comments are closed.