humor politik indonesia

Humor Politik Khas Mantan Presiden Abdurrahman Wahid

Spread the love

Humor merupakan salah satu hal yang mewarnai kehidupan. Tanpa humor, tentu kehidupan akan semakin terasa pahit dan memusingkan. Oleh karena itu, humor selalu ada di berbagai bidang kehidupan tak terkcuali bidang politik. Meskipun dunia politik nampak sebagai dunia yang serius dengan berbagai macam intrik-intriknya, namun bukan berarti humor tersingkirkan dari sana.

Setidaknya nampak seperti itu jika kita mengingat salah satu tokoh berpengaruh di Indonesia yaitu Almarhum Abdurrahman Wahid, mantan Presiden Indonesia yang ke-3. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gusdur ini memang terkenal sebagai sosok yang sangat humoris. Bahkan humornya seringkali muncul di saat-saat yang tak terduga. Oleh karena itu, jika menyinggung tentang humor politik Indonesia, maka sangat dekat rasanya dengan sosok yang satu ini.

Humor sendiri merupakan sesuatu yang bersifat lucu hingga membuat orang yang mendengarnya bisa tertawa. Tentu humor bisa hadir dalam berbagai bentuk, baik cerita langsung, tulisan, maupun gambar. Salah satu bentuk humor yang saat ini sedang menjadi trend adalah meme di internet. Paling tidak sejak instagram digunakan sebagai salah satu media sosial pilihan utama masyarakat Indonesia, meme menjadi bentuk humor yang begitu fenomenal.

Hampir sebagian besar peristiwa di Indonesia dijadikan bahan meme-meme yang beredar di media sosial. Ya, meme merupakan salah satu bentuk paling kekinian dari humor, paling tidak di Indonesia. Namun, jauh sebelumnya, humor-humor Gusdur melalui cerita baik yang menyinggung mengenai fenomena sosial maupun fenomena politik sudah sangat dikenal di Indonesia.

Ya, Gusdur seringkali menyampaikan humor politik melalui cerita pendek. Cerita-cerita pendek yang biasanya berakhir dengan membuat orang yang mendengar atau membacanya tercengang dan tidak menduga sebelumnya bahwa cerita akan mengarah pada akhir yang seperti itu. Dengan berbagai cerita humor yang disampaikannya, maka tak heran jika masyarakat Indonesia akan langsung mengingat mendiang mantan Presiden Indonesia itu saat menyinggung tentang humor politik.

Salah satu humor politik yang terkanal adalah cerita saat Gusdur hendak meminta Mahfud sebagai menteri pertahanan. Setelah terpilih menjadi presiden, tentu presiden terpilih harus segera membentuk kabinetnya. Biasanya pendekatan-pendekatan dilakukan untuk meminta orang-orang tertentu untuk menjadi menteri, begitu pula saat Gusdur terpilih menjadi presiden.

humor politik gusdur

Diceritakan bahwa Gusdur mendatangi Mahfud yang notabennya adalah seorang akademisi untuk menjadi menteri pertahanan dalam kabinetnya. Merasa bahwa Ia tidak berpengalaman dalam bidang pertahanan, maka Mahfud menolak tawaran dari Gusdur. Namun, bukan Gusdur namannya jika tidak memiliki taktik. Dikeluarkannya jurus humor politik yang ternyata mampu membuat Mahfud akhirnya berubah pikiran.

Dalam kisah tersebut, diceritakan bahwa Gusdur mengatakan bahwa Ia pun tidak memiliki pengalaman menjadi presiden namun nyatanya Ia terpilih sebagai presiden RI. Maka, Mahfud harusnya tidak bisa menolak menjadi menteri pertahanan hanya karena tidak memiliki pengalaman. Cerita tentang Gusdur dan Mahfud tersebut akhirnya terkenal sampai sekarang. Humor politik tersebut dikenal dengan judul “Presiden Tak Berpengalaman”

Masih banyak lagi humor-humor politik yang keluar dari sosok Gusdur. Meski jaman terus berubah dengan bermunculan berbagai humor politik lainnya, namun nyatanya berbagai humor politik dari Gusdur terus abadi dan disampaikan hingga saat ini. Politik memang seringkali terkesan serius dan panas. Namun, nyatanya ada saja yang bisa membingkainya dalam kelakar-kelakar humor seperti Gusdur. Sementara saat ini, berbagai humor politik akan mudah kita temukan di berbagai media sosial khususnya twitter. Jika Anda merupakan pengguna twitter, tentu humor politik bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda bukan?

Baca juga : Cerita Buruknya Kinerja DPR RI !

Jimmie Moore Author