humor politik setnov

Humor Politik Indonesia Setya Novanto

Spread the love

Prinsip “Hidup Jangan Serius-serius Amat”, nampaknya berlaku untuk berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali bidang politik. Sepanas apapun suhu politik negara, tetap saja sering muncul humor-humor yang terasa seperti guyuran air segar. Apalagi di era digital seperti saat ini dimana orang-orang semakin mudah mengekspresikan diri dan mengeluarkan pendapat-pendapatnya. Saat terjadi suatu fenomone politik atau fenomena sosial, ada beragam respon dari masyarakat.

Mulai yang menanggapinya dengan serius, hingga menjadikannya bahan candaan. Candaan yang muncul pun tak selalu hanya sekedar candaan semata. Banyak masyarakat cerdas yang mengeluarkan candaan yang sarkastik. Kita akan melihat seperti apa humor politik yang pernah beredar di Indonesia. Namun, sebelumnya mari kita pahami apa itu humor, terlebih humor sarkastik yang biasanya digunakan untuk mengomentari fenomena politik.

Humor merupakan suatu cerita yang umumnya pendek tentang suatu kejadian lucu yang diceritakan dengan tujuan agar pendengar atau pembacanya terhibur. Semakin berkembangnya jaman, humor hadir dalam berbagai bentuk. Bentuk yang paling terkini di era digital ini adalah meme. Tentu Anda, khususnya pengguna media sudah tahu apa itu meme. Saat ini, meme sangat banyak beredar di media sosial. Bahkan. Hampir setiap kejadian dibuat meme oleh netizen. Sementara humor sarkastik merupakan salah satu bentuk humor yang biasanya bertujuan untuk menyindir atau mengkritik. Jadi, humor sarkastik bukan hanya dibuat untuk membuat pendengar atau pembacanya tertawa saja. Lebih dari itu, humor sarkastik menjadi bentuk ekspresi seorang pembuatnya untuk menyindir atau mengkritik suatu hal atau suatu kejadian. Humor seperti itulah yang seringkali muncul untuk menanggapi suatu fenomena politik tertentu.

fredrich yunadi pengacara setnov

Mari kita ingat sejenak kehebohan yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu saat Setya Novanto (SetNov), Ketua DPR RI, mengalami kecelakaan. Mobil yang ditumpangi Setya Novanto mengalami insiden kecelakaan tunggal dengan menabrak tiang listrik di Jalan Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Menurut pengakuan pengacara SetNov, Fredrich Yunadi, ketua DPR RI itu mengalami kecelakaan saat tengah dalam perjalanan menuju Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan keterangan terkait kasus E-KTP. Setya Novanto memang menjadi salah satu tersangka dalam kasus tersebut dan sebelumnya terus mangkir dari pemanggilan. Memang sudah sejak lama SetNov membuat masyarakat Indonesia geram dengan kelicinannya lolos dari jeratan hukum. Maka, puncaknya adalah saat drama kecelakaan menabrak tiang listrik tersebut terjadi. Muncullah berbagai sindiran dalam berbagai bentuk, tak terkecuali humor sarkas yang akan membuat pendengar atau pembacanya tertawa terpingkal-pingkal sambil tetap menghujat kelakukan Setya Novanto itu. Inilah salah satu kejadian di Indonesia yang akhirnya memunculkan humor politik yang bahkan masih bisa kita dengar sampai sekarang.

Banyak humor dan meme terlontar dari masyarakat Indonesia untuk Setya Novanto. Salah satunya adalah ungkapan “Kepalanya Benjol Seperti Bakpao”. Berawal dari headline berita yang menggunakan kalimat tersebut, kemudian muncullah berbagai meme yang menyandingkan Setya Novanto dengan bakpao sungguhan. Kemudian banyak orang yang membuat humor sindiran untuk SetNov justru dengan membela tiang listrik yang ditabrak SetNov.

meme setnov

Para pembuat sindiran beramai-ramai mengasihani tiang listrik yang notabennya adalah benda mati dibandingkan SetNov. Dari berbagai humor politik yang beredar di media sosial Indonesia, tagar #The PowerOfSetNov menjadi sebuah humor sarkas yang cukup banyak mengundang perhatian netizen hingga tagar tersebut menjadi trending topik, khususnya di media sosial twitter.

Salah satu humor politik Indonesia Setya Novanto berasal dari cuitan @dwi_febriyansyah yang berbunyi “#SetyaNovanto pengen ke Bali, Balinya yang nyamperin #The PowerOfSetyaNovanto, serta masih banyak lagi cuitan lainnya hingga lebih dari 8.000 cuitan dengan hashtag serupa.

Baca : Komentar lucu Jokowi dalam menanggapi isu miring! 

Jimmie Moore Author