humor politik terbaru

Humor Politik Kekinian di Indonesia

Spread the love

Tahun-tahun terus berlalu menghadirkan berbagai hal yang baru. Salah satunya adalah tentang bentuk-bentuk humor yang bereda di masyarakat. Jika melihat trend belakangan ini, maka tentu Anda juga melihat bahwa meme merupakan bentuk humor yang banyak digunakan saat ini. Secara mudahnya, meme merupakan sebuah gambar dan tulisan yang berisi sindiran atau ungkapan lucu yang beredar di media sosial. Meme banyak beredar di media sosial instagram, meskipun tidak jarang juga ada di berbagai platform media sosial lainnya.

Berbagai hal bisa dijadikan meme oleh para warga internet atau sering disebut juga netizen. Mulai dari masalah-masalah pribadi, fenomena sosial, juga fenomena politik. Ketika hadir sebuah fenomena politik di Indonesia atau bahkan dunia, maka seringkali netizen beramai-ramai membuat meme yang menyinggung fenomena atau kejadian tersebut. Maka, meme juga terbilang sebagai bentuk ekspresi masyarakat. Bahkan hingga sebagai sebuah media kritik masyarakat terhadap fenomena yang tengah terjadi.

humor politik nazarudin

Contoh kasus politik di Indonesia yang memunculkan meme-meme lucu adalah kasus e-ktp. Kasus e-ktp memang merupakan salah satu kasus besar yang terjadi saat ini di Indonesia. Bahkan menjadi salah satu kasus besar yang terjadi sepanjang sejarah Indonesia. Tak heran jika berbagai hal terkait kasus tersebut seringkali membuat geram masyarakat Indonesia, khususnya pada para pelakunya. Maka, orang-orang yang terlibat dalam kasus tersebut ramai-ramai dijadikan sebagai bahan meme seperti Nazarudin. Nazarudin memang merupakan salah satu terpidana kasus e-ktp yang dalam proses peradilannya membuat geram masyarakat. Salah satu meme yang muncul untuk mengkritik tingkah laku Nazarudin berbunyi “Nastar yang korupsi, Nastarudin”. Meme tersebut dilengkapi dengan visualisasi gambar kue nastar dengan wajah Nazarudin tengah tersenyum mengisi bagian atas gambar kue nastar tersebut.

Selain Nazarudin, Setya Novanto juga tak terhindarkan dari kejailan para netizen yang sudah sangat geram terhadap tingkah lakunya. Setya Novanto yang merupakan Ketua DPR RI ini selalu berhasil lolos dari jeratan hukum yang menggapainya. Hingga saat namanya terseret kasus e-ktp, ia juga berhasil lolos. Kemudian namanya kembali dipanggil namun seringkali mangkir dari panggilan KPK.

humor politik setnov

Puncaknya, pada saat Ia membuat drama kecelakaan menabrak tiang listrik di Jalan Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kejadian tersebut dicurigai hanya merupakan trik Setya Novanto untuk menghindari jeratan hukum yang mengenainya. Masyarakat yang sudah tak percaya, membuat spekulasi bahwa kecelakaan tersebut hanya merupakan drama dengan menyinggung berbagai celah mencurigakan seperti tentang rumah sakit yang dipilih, infus yang digunakan, dan sebagainya.

Munculah banyak meme yang menggunakan gambar tiang listrik, infus rumah sakit, maupun gambar bakpao untuk menyinggung luka di dahi Setya Novanto. Hingga akhirnya spekulasi tersebut terbukti sebagai sebuah kenyataan. Makin banyaklah meme-meme yang bermunculan untuk menyindir tingkah laku ketua DPR RI tersebut. Terutama menyindir tentang betapa kuatnya Setya Novanto hingga mampu terus menghindar dari jeratan hukum.

humor politik susi pudjiastuti

Beralih dari humor politik yang berbau negatif terhadap tingkah laku negatif para pelaku politik Indonesia. Humor politik melalui meme di media sosial juga banyak digunakan untuk mendukung salah satu tokoh politik, misalnya saja menteri Susi Pudjiastuti. Sosok yang satu ini memang dikenal sebagai seorang menteri yang tegas dan cerdas. Kinerjanya banyak dipuji berbagai kalangan, salah satunya terkait kebijakan menenggelamkan kapal ilegal yang masuk ke perairan Indonesia.

Kebijakan tersebut dikeluarkan Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Namun, sebagus apapun kinerja seorang menteri, dunia politik selalu memiliki jalannya sendiri. Beberapa waktu lalu, beberapa pihak mendukung posisi menteri susi digantikan. Maka muncullah berbagai meme yang mendukung menteri Susi untuk dipertahankan sebagai menteri Kelautan dan Perikanan. Salah satunya berbunyi “COBA-COBA GANTI SAYA? TENGELAMKAN!”, dilengkapi dengan gambar menteri Susi yang tengah bergaya menunjuk.

Baca : Humor Politik Mengenai Gus Dur !

Jimmie Moore Author